Apa Hukum Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan? Begini Kata Gus Baha

- 6 Maret 2024, 15:35 WIB
Apa Hukum Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan? Begini Kata Gus Baha.
Apa Hukum Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan? Begini Kata Gus Baha. /Ilustrasi/Hidayatuna

KARANGANYARNEWS - Sebelum bulan Ramadan tiba, umat Islam di Indonesia memiliki tradisi ziarah kubur ke makamorangtua atau keluarga.

Banyak yang masih bingung dan bahkan menjadi polemik tentang hukum ziarah kubur ini. Salah satunya apa hkum ziarah kubur dalam Islam?

Menurut ajaran Islam, ziarah kubur sebelum Ramadhan diperbolehkan asalkan dengan niat mendoakan almarhum. Hadis Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengingat kematian.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Urutan dan Artinya

Dalam konteks ini, ziarah kubur sebelum Ramadhan dapat dianggap sebagai bentuk introspeksi diri dan mengingat akan kematian. Bukankah sebaik-baiknya peringatan adalah kematian?

Sebab, tradisi ziarah kubur sebelum Ramadhan biasanya diisi dengan doa, membersihkan makam, dan menaburkan bunga sebagai tanda penghormatan.

Pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur’an LP3IA Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha, menjelaskan latar belakang dan pentingnya tradisi ziarah kubur.

Baca Juga: Beda Awal Puasa Ramadhan 2024, Ketua PBNU Gus Fahrur: Tetap Saling Menghormati 

Menurut Gus Baha, tradisi ziarah kubur sebagai bentuk penghormatan dan doa. Berdasar keyakinan, orang yang sudah meninggal masih dapat menerima doa dan bacaan Alquran.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x