Pusat Terapkan PPKM Darurat, Ganjar : Itu Cara Lebih Bagus

- 30 Juni 2021, 15:47 WIB
Gubernuar Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gus Miftah, dan rekan-rekan gowesnya bersepeda melakukan sosialisasi protokol kesehatan.
Gubernuar Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gus Miftah, dan rekan-rekan gowesnya bersepeda melakukan sosialisasi protokol kesehatan. /Dokumentasi/Humas Pemprov Jateng

KARANGANYARNEWS-Gubernuar Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap dan mendukung rencana pemerintah pusat yang akan memberlakukan pengetatan terkait lonjakan kasus Covid-19 dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mulai 3 Juli mendatang.

Menurut Ganjar, cara itu lebih bagus karena dianggap lebih tegas. Meski begitu, pihaknya masih menunggu menunggu petunjuk pelaksanaan dari pusat.

"Tentu kami siap. Saya kira itu lebih bagus, itu cara yang lebih tegas," kata Ganjar ditemui usai rapat koordinasi dengan Menko Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, Rabu (30/6/2021).

Dikatakan, pengetatan-pengetatan di Jateng sudah dilaksanakan. Pihaknya sudah mengeluarkan instruksi gubernur (Ingub) nomor 1 tahun 2021, yang beberapa isinya inline dengan PPKM Darurat. Misalnya pengetatan di tempat-tempat keramaian dan aturan-aturan yang lebih ringi lagi.

"Gerakan-gerakan untuk melakukan pencegahan kita dorong, optimalisasi peran Jogo Tonggo dan relawan juga kami lakukan," terangnya.

Ganjar juga sudah memerintahkan seluruh Bupati/Wali Kota untuk melakukan lockdown pada tingkat RT yang masuk zona merah. Ia juga meminta percepatan vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan.

"Dan ternyata inti rapat tadi bersama Menko Marinvest, kami diperintahkan untuk menyiapkan itu. Jadi sudah inline. Tinggal menungu petunjuknya dari pusat," pungkasnya.

Pagi sebelumnya, Ganjar menyempatkan diri bersepeda keliling Kota Semarang bersama rekan-rekan gowesnya dan tamu istemewa dari Jogjakarta, Gus Miftah. Saat masuk ke pasar dan perkampungan, Ganjar dan Gus Miftah berhenti untuk mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Gus Miftah mengapresiasi cara Ganjar dalam penanganan pandemi. Tak hanya duduk di kantor, Ganjar terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi. "Saya pikir ini keren. Mas Ganjar turun langsung memberi edukasi pada masyarakat tentang prokes. Saya diajak mas Ganjar keliling pasar dan masuk kampung untuk mengingatkan warga memakai masker. Saya pikir ini perlu dicontoh," katanya.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah