Pemerintah Punya Stok 70 Juta Vaksin, Luhut : Kita Suntikan 20 Ribu Vaksin Perhari Di Soloraya

- 5 Agustus 2021, 21:18 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau vaksinasi di SMAN 1 Solo, Kamis (5/8/2021).
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau vaksinasi di SMAN 1 Solo, Kamis (5/8/2021). /Dokukentasi/Humas Pemkot Sutakarta

KARANGANYARNEWS-Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan mengklaim, pemerintah punya stok 70 juta vaksin. Karena itu, pihaknya ingin mempercepat vaksinasi di Kota Solo dan sekitar dengan menyunyikan 10 ribu hingga 20 ribu per hari.

"Kita mainnya tidak lagi menyuntikan seribu atau dua ribu tapi 10 ribu hingga 20 ribu suntikan. Besok pun kita siap," kata Luhut saat meninjau vaksinasi pelajar di SMAN 1 Solo, Kamis (5/8/2021).

Luhut yang didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka juga meninjau AHD (Asrama Haji Donohudan) Boyolali yang kini tetap dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Luhut mengatakan saat ini capaian vaksinasi di Solo sudah mencapai 69 persen. Luhut menargetkan 75 persen hingga akhir bulan Agustus in. ”Kami maunya supaya lebih dari 75 persen sampai akhir bulan. Vaksin nggak masalah,” katanya.

Dia juga mendorong vaksinasi di daerah aglomerasi Soloraya, sebab capaiannya masih minim, sekitar 38 persen. Capaian itu dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Namun dari informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, capaian vaksinasi di Kota Solo mencapai 73 persen. Sedangkan daerah lain berada di kisaran 10-20 persen. Karanganyar 27 persen, Sukoharjo 22 persen, Boyolali 18 persen, Klaten dan Sragen 16 persen dan yang terendah Wonogiri 14 persen.

”Tapi kita tetap cermati terus supaya bisa vaksin, tapi juga tetap harus pakai masker dan jaga jarak,” katanya.

Sementara itu, Menterian Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan terbentuknya kekebalan imunitas dengan 70 persen dari jumlah penduduk. "Saya sepakat dengan target itu," kata Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah