Gibran Bantu 100 Unit Oxygen Concentrator ke Pemkab Klaten

- 18 Agustus 2021, 20:36 WIB
Walikota Surakarta dan Bupati Klaten dalam serah terima bantuan oxygen concentrator di Pendapa Kabupaten Klaten
Walikota Surakarta dan Bupati Klaten dalam serah terima bantuan oxygen concentrator di Pendapa Kabupaten Klaten /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining Raka Rabu, 18 Agustus 2021 menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Pemerintah Kabupaten Klaten.

Bantuan untuk menunjang penangan pasien Covid-19 di Kota Bersinar ini, diterima Bupati Klaten, Sri Mulyani di Pendapa Kabupaten Klaten. Total bantuan yang diserahgkan 100 unit oxygen concentrator siap dioperasikan.

“Harapannya kota-kota se-Solo Raya dapat menekan angka kematian (pasien Covid-19). Jadi kebutuhan oksigen harus terpenuhi,” ungkap Gibran usai menyerahkan bantuan oxygen concentrator.

Baca Juga: Bangkitkan Spirit Bertani Kaum Melineal, Puluhan Pemuda Melumpur di Sawah

Seperti diketahui, lonjakan pasien Covid-19 yang sempat terjadi di sejumlah daerah berdampak pada peningkatan kebutuhan oksigen. Tingginya permintaan tambahan suplai oksigen, sempat terkendala di beberapa daerah.

Oxygen concentrator menjadi alternatif, penolong pasien yang membutuhkan oksigen. Sebagai salah satu penopang suplementasi oksigen, mengingat kadar oksigen pada udara bebar umumnya hanya berkisar 21 persen.

Dengan alat tersebut, kebutuhan pasien ditopang hingga 90 persen. Menurut Gibran, bantuan serupa juga diberikan ke kabupaten lain di Solo Raya. Ia menilai, kondisi daerah di Solo Raya saling terkait, terutama untuk penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Update Bencana Merapi Terkini, Waspadai Tingginya Potensi Europsi

“Kalau terjadi gelombang selanjutnya, kondisi daerah sudah siap, oksigennya, tempat isoternya, di faskes juga siap. Kalau Klaten sehat, Solo juga sehat, begitu juga daerah lainnya se Solo Raya,” paparnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah