Perkuat Kolaborasi dengan Pangdam V Brawijaya, Ketua BPIP : Untuk Bumikan Pancasila

- 25 Maret 2022, 21:52 WIB
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Ph.D dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nuchahyanto.
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Ph.D dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nuchahyanto. /Istimewa/

KARANGANYARNEWS-Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Pangdam V Brawijaya Surabaya berkomitmen membumikan Pancasila dengan cara-cara baru.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Ph.D mengatakan, kolaborasi tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

"Kita juga akan menjadwalkan Mou dengan Panglima TNI", ujarnya saat melakukan Kunjungan Kerja di Surabaya, Jawa Timur, Jum'at, (25/03/2022).

Ia berharap kolaborasi ini dapat dilakukan dengan masing-masing program atau kegiatan yang sudah di miliki baik BPIP dan Pangdam V Brawijaya Jawa Timur.

Dikatakan, BPIP bertanggungjawab langsung kepada presiden yang memiliki tugas membantu Presiden merumuskan arah kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Selain melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian PIP secara menyeluruh dan berkelanjutan juga program-program lainnya seperti menyusun standar pendidikan dan diklat", jelasnya.

Saat ini, BPIP tengah menyusun buku pedoman pendidikan dan pelatihan bagi TNI, Polri, ASN dan ormas. "Kami hanya mengukur dan memperkokoh Pancasila bukan mengajari", tegasnya.

Pelaksana Tugas Sekretaris Utama BPIP Dr Karjono menambahkan, BPIP telah memiliki mata ajar pendidikan Pancasila bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi.

Menurutnya, dasar tersebut adalah terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan PP Nomor 57 tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

"Salah satu keuntungan PP4 adalah Pancasila jadi paling utama dalam mata ajar, sedang Kewarganegaraan jadi bagian dari Pendidikan Pancasila", tandasnya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah