337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Dijual di Forum Hacker

- 17 Juli 2023, 22:25 WIB
337 juta data Dukcapil diduga bocor, dijual di Forum Hacker. Kemendagri diduga mengalami kebocoran data dan dijual di forum online hacker, Breach Forums. (Foto ilustrasi: Pixabay/Franz26)
337 juta data Dukcapil diduga bocor, dijual di Forum Hacker. Kemendagri diduga mengalami kebocoran data dan dijual di forum online hacker, Breach Forums. (Foto ilustrasi: Pixabay/Franz26) /
KARANGANYARNEWS 337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Dijual di Forum Hacker. Sebanyak 337 juta data masyarakat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diduga mengalami kebocoran dan dijual di forum online hacker, Breach Forums.

Kebocoran diungkap Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker Indonesia di media sosial, Minggu, 16 Juli 2023.

Kebocoran data menyangkut tentang nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), tanggal lahir, alamat, nama ayah, nama ibu, NIK ibu, nomor akta lahir, hingga nomor akta nikah.
 
Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benny Irwan, menyampaikan data yang tersebar beberapa format elemennya tidak sesuai database dari Dukcapil.
 
 
Kendati begitu, Kemendagri bekerja sama dengan BSSN Kemenkominfo akan terus menyelidiki lebih lanjut kasus ini. 
 
"Sementara diinformasikan bahwa data yang ada di Breach Forums, jika dilihat dari format elemen datanya, tidak sama dengan database kependudukan yang saat ini terdapat pada Ditjen Dukcapil," kata dia, dikutip dari sebuah sumber.
 
Dua langkah penting telah dilakukan sejak Sabtu, 15 Juli 2023 lalu, yakni investigasi serta mitigasi preventif, dan masih berlanjut. Benny Irwan mengapresiasi atas perhatian masyarakat yang informatif pada kasus ini sehingga bisa ditangani lebih awal.
 
Dugaan kebocoran sebanyak 337 juta data Dukcapil tersebar di darkweb dilakukan atas nama RRR. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x