Hari Pramuka, Mengenal Bapak Praja Muda Karana Indonesia dan Tokoh-tokoh Pentingnya

- 14 Agustus 2023, 14:57 WIB
Hari Pramuka, mengenal bapak praja muda karana Indonesia dan tokoh-tokoh pentingnya. Hari Pramuka di Indonesia diperingati setiap 14 Agustus. (Foto: Unsplash/Mufid Majnun)
Hari Pramuka, mengenal bapak praja muda karana Indonesia dan tokoh-tokoh pentingnya. Hari Pramuka di Indonesia diperingati setiap 14 Agustus. (Foto: Unsplash/Mufid Majnun) /

KARANGANYARNEWS - Hari Pramuka, Mengenal Bapak Praja Muda Karana Indonesia dan Tokoh-tokoh Pentingnya. Setiap 14 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Pramuka di Indonesia. Kehadiran Praja Muda Karana (Pramuka) di bumi pertiwi tak lepas dari perjuangan tokoh-tokoh hebat di baliknya. Lantas, siapa saja tokoh Pramuka Indonesia?

Seperti diketahui Robert Baden-Powell adalah Bapak Pramuka (Pandu) Sedunia, sedangkan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Bapak Pramuka Indonesia dikenang setiap 12 April. Hal ini dipilih berdasarkan tanggal lahir Sri Sultan HB IX untuk mengapresiasi peran serta dedikasinya dalam kepramukaan di Indonesia.

Baca Juga: Geger Skandal Seksual, Miss Universe Organization Cabut Lisensi Indonesia

Sri Sultan HB IX lahir pada 12 April 1912 di Yogyakarta dengan nama Gusti Raden Mas Dorojatun. Wafat pada 2 Oktober 1988 (76) di Washington DC, Amerika Serikat. Ia dimakamkan di pemakaman para sultan Mataram di Imogiri, Bantul, DIY.

Hamengkubuwono IX merupakan putra Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah atau Kanjeng Ratu Alit.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencetuskan kata pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana.

Pada awal 1960-an, Sri Sultan HB IX diangkat sebagai Pandu Agung atau pemimpin kepanduan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah