Melawan Asap Kota: 8 Panduan Sehat Menghadapi Dampak Polusi Udara di Jakarta

- 21 Agustus 2023, 19:02 WIB
Ilustrasi daftar polutan berbahaya yang salah satu sumbernya dari pembangkit listrik dan batu bara.
Ilustrasi daftar polutan berbahaya yang salah satu sumbernya dari pembangkit listrik dan batu bara. /Pixabay/TF3000

 

KARANGANYARNEWS - Tips Sehat Menghadapi . Polusi udara terjadi ketika udara terkontaminasi oleh substansi berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Masalah ini semakin mendapat perhatian global karena dampak negatifnya terhadap kesehatan manusia dan ekosistem.

Sumber pencemaran udara dapat dibedakan menjadi dua faktor, yaitu antropogenik (akibat aktivitas manusia) dan alami. Contoh faktor antropogenik mencakup pembakaran bahan bakar fosil, aktivitas perkotaan, pembangunan, transportasi, serta pembakaran sampah.

Sedangkan faktor alami melibatkan peristiwa seperti letusan gunung, dekomposisi organik, dan pembusukan material.

Baca Juga: Karnaval HUT RI, SMPN 4 Karanganyar Usung Tema ‘P5 Terus Maju untuk Generasi Maju’

Salah satu komponen polutan udara adalah Particulate Matter (PM), yakni partikel-partikel kecil yang ringan sehingga dapat dihembuskan oleh angin dari satu wilayah ke wilayah lain.

Oleh karena itu, usaha untuk mengurangi polusi udara di Jakarta perlu dilakukan bersamaan dengan komitmen serupa dari wilayah sekitarnya yang juga berkontribusi pada tingginya kadar PM akibat kegiatan industri.

Dengan demikian, mengatasi polusi udara adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan, yang memerlukan kerja sama antarwilayah untuk mencapai hasil yang efektif.

Warga bisa lakukan langkah-langkah Tips Sehat Menghadapi Dampak Polusi Udara di Jakarta yang akan kami bagikan. Disadur KaranganyarNews.com sebagaimana di tulis di laman dinkes.jakarta.go.id agar terhindar dari dampak buruk polusi udara, inilah tipsnya:

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: dinkes.jakarta.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x