Lahirkan Pendiri Muhammadiyah dan NU, KH Sholeh Darat Diusulkan Pahlawan Nasional

- 27 April 2024, 13:35 WIB
Gunoto Saparie, Ketua Umum Satupena Ketua Umum Dewan Kesenian Provinsi Jawa Tengah
Gunoto Saparie, Ketua Umum Satupena Ketua Umum Dewan Kesenian Provinsi Jawa Tengah /Foto Dok. Satupena Jawa Tengah/

KARANGANYARNEWS - Perjuangan dan pengabdian KH Soleh Darat melalui pendidikan pesantren berwawasan kebangsaan telah melahirkan tokoh-tokoh besar seperti pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dan Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari.

Bahkan, tokoh emansipasi wanita RA Kartini juga termasuk santriwati KH Sholeh Darat. Sebagai calon pahlawan nasional, KH Sholeh Darat memiliki kredibilitas. Beliau juga memiliki popularitas dan tingkat penerimaan tokoh di wilayah Semarang sangat baik.

Demikian disampaikan Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Provinsi Jawa Tengah Gunoto Saparie, terkait dukungannya terhadap usulan pengajuan KH Sholeh Darat sebagai pahlawan nasional yang kian menguat.

 Baca Juga: 8 Kampus Kristen Muhammadiyah Tersebar di Berbagai Wilayah

"Masyarakat Kota Semarang, mengakui sosok dan ketokohan KH Sholeh Darat. Baik kalangan intelektual, sejarawan, ulama, dan budayawansepakat,” kata dia berharap usulan ini tidak berhenti hanya sebagai wacana, harus ada tindak lanjut secara konkrit.

Gunoto Saparie yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Provinsi Jawa Tengah,  mengakui belum tahu persis terkait detail prosedur pengajuan tokoh sebagai calon pahlawan nasional.

 

Didukung Walikota Semarang

Namun demikian, menurutnya Pemerintah Kota Semarang perlu membentuk tim untuk melakukan pengkajian, penggalian sejarah dan fakta-fakta yang ada.

 Baca Juga: Dr. Agus Taufiqurrahman: Muhammadiyah Tak Pernah Minta Jatah Menteri

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x