Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Ridwan Kamil: Situasi Ini karena Libur Panjang

- 25 Juni 2021, 23:37 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Bupati Garut Rudy Gunawan (kanan) berjalan saat meninjau kondisi Rumah Sakit Umum Daerah Dr Slamet Kabupaten Garut, Jumat, 25 Juni 2021.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Bupati Garut Rudy Gunawan (kanan) berjalan saat meninjau kondisi Rumah Sakit Umum Daerah Dr Slamet Kabupaten Garut, Jumat, 25 Juni 2021. /ANTARA/HO-Diskominfo Garut

Karanganyarnews - Jumlah kasus Covid-19 melonjak tajam di sejumlah daerah, tak terkecuali Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, lonjakan jumlah kasus Covid-19 tersebut dinilai sebagai dampak dari adanya libur panjang Lebaran.

"Jadi problem kita hari ini karena libur panjang, itu aja. Kalau tidak ada libur panjang, tidak ada begini-begini (peningkatan kasus, penyiapan ruang isolasi khusus di desa) itu ga ada," ujarnya usai meninjau tempat isolasi di Garut, Jumat 25 Juni 2021 seperti dikutip dari Galamedia dengan judul Emil Memohon Agar Pemerintah Pusat Tidak Kembali Memberikan Libur Panjang.

Menurut Emil sapaan akrabnya itu, sebelum adanya libur panjang, tingkat keterisian kamar isolasi di rumah sakit di Jabar di bawah 30 persen.

Baca Juga: Viral, Video Keluarga Pasien Pukul Perawat Puskesmas, Ini Faktanya

Karena kondisi itu, dirinya bahkan sempat membubarkan relawan dokter dan tenaga kesehatan karena tidak adanya pasien.

Namun, kondisi berbalik setelah Lebaran usai. Sejumlah klaster mulai bermunculan dimana-mana.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah pusat untuk tidak lagi memberikan libur panjang secara bersamaan. Hal itu agar kasus Covid-19 bisa lebih terkendali.

"Dikasih libur mudik, kunjung mengunjungi, ziarah, bom terjadilah kedaruratan. Jadi situasi ini karena dikasih libur panjang," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Tyo Santoso

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah