Kemenkes Berduka, 1 Nakes Gugur Jadi Korban Kekerasan KKB Papua

- 17 September 2021, 16:44 WIB
Kemenkes berduka, seorang nakes gugur dalam peristiwa kekerasan oleh KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Dok.Istimewa/TribrataNews)
Kemenkes berduka, seorang nakes gugur dalam peristiwa kekerasan oleh KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Dok.Istimewa/TribrataNews) /

KARANGANYARNEWS – Seorang tenaga kesehatan (Nakes) gugur dalam peristiwa kekerasan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut berbelasungkawa atas kejadian itu. 

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kemenkes.go.id, Jumat, 17 September 2021, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Widyawati, menyatakan turut berbelasungkawa atas gugurnya seorang tenaga kesehatan, Gabriella Meilan dalam peristiwa kekerasan yang dilakukan KKB saat tengah bertugas.

''Kami sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi, sehingga saudari Gabriela Meilan gugur dalam melaksanakan tugas,'' ucapnya, Kamis, 16 September 2021 di Jakarta.

Sebelumnya, Polda Papua menyampaikan informasi kepada Widyawati terdapat sepuluh tenaga kesehatan terlibat dalam peristiwa kekerasan oleh KKB. Namun hanya delapan yang dapat melarikan diri ke pos TNI, sedangkan dua lainnya ditahan.

Baca Juga: Selamat! Atlet Peraih Emas Paralimpiade Tokyo 2020 Diguyur Bonus Rp5,5 Miliar

Pihak TNI-Polri langsung menangani kasus ini dengan bertindak cepat. Aparat berhasil menemukan dua nakes yang ditahan, namun hanya satu dapat terselamatkan.

Kemenkes pun mengapresiasi hasil kerja anggota TNI-Polri yang dapat bergerak cepat dalam menyelamatkan para nakes.

''Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga keselamatan mereka menjadi hal yang utama. Terlebih lagi Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 di mana peran tenaga kesehatan sangat krusial,'' tutur Widyawati.

Selanjutnya, Kemenkes akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan informasi perkembangan kasus yang menelan korban jiwa itu. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah