Catat! Mulai 17 Juli, Naik KRL Solo-Yogyakarta Diperketat Lagi

- 11 Juli 2022, 11:48 WIB
KAI Commuter kembali memperketat regulasi bagi penumpang KRL Solo-Yogyakarta mulai 17 Juli 2022. Pengguna KRL wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19. (Foto: Dok. Istimewa/KAI Commuter)
KAI Commuter kembali memperketat regulasi bagi penumpang KRL Solo-Yogyakarta mulai 17 Juli 2022. Pengguna KRL wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19. (Foto: Dok. Istimewa/KAI Commuter) /

KARANGANYARNEWS - KAI Commuter kembali memberlakukan regulasi ketat bagi penumpang KRL Solo-Yogyakarta mulai 17 Juli 2022. Salah satu regulasi kembali diberlakukan, yakni pengguna KRL wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, pengetatan kembali regulasi naik KRL sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022. Regulasi ini berlaku untuk KRL aglomerasi, termasuk KRL Jabodetabek.

"Pada pemberlakuan SE ini, pengguna kereta api komuter wajib vaksin Covid-19 sebagai syarat menggunakan KRL ataupun KA lokal," ujarnya, Senin, 11 Juli 2022. 

Baca Juga: Film Catatan Si Boy Siap Diproduksi Ulang, Hanung Bramantyo Ngaku Sulit Cari Emon

Sesuai SE, syarat-syarat dalam menggunakan KRL maupun KA lokal, antara lain memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan masuk area stasiun.

Selain itu memperlihatkan sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi, serta menggunkan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna sesuai aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta api.

"Khusus untuk pengguna KRL yang membawa anak-anak, khususnya balita (usia di bawah lima tahun), kami imbau untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. Petugas juga akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KRL. Selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL," imbuh Anne Purba. 

Baca Juga: Hasil Indonesia Vs Myanmar Piala AFF U19 2022, Iwan Bule: Tegakkan Kepala Garuda!

Di lain sisi, saat ini KRL Yogyakarta-Solo sesuai dengan SE No.72 ini diperkenankan melayani pengguna hingga 80 persen dari kapasitas dengan tempat duduk dapat terisi penuh.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x