FGD Penguatan Toleransi Umat Islam: Catat, 5 Poin Piagam Wahid Hasyim

- 26 Juni 2023, 20:25 WIB
FGD Penguatan Toleransi Internal Umat Islam di Jawa Tengah,  menghasilkan 5 poin krusial Piagam Wahid Hasyim
FGD Penguatan Toleransi Internal Umat Islam di Jawa Tengah, menghasilkan 5 poin krusial Piagam Wahid Hasyim /Dok. FKUB/

KARANGANYARNEWS - lima poin Piagam Wahid Hasyim terlahir dari Diskusi Kelompok Terpimpin (Focus Group Discussion-FGD), tentang Penguatan Toleransi Internal Umat Islam. Piagam ini, merupakan rumusan hasil FGD, diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah di Universitas Wahid Hasyim Semarang.

 

Dalam FGD yang menampilkan pembicara kunci Rektor Universitas Wahid Hasyim, Prof Dr Mudzakir Ali MA ini, Ketua FKUB Jateng Drs Taslim Syahlan MSi menyebutkan, poin pertama mengharusutamakan ekspresi beragama yang berpresisi dengan konsensus kebangsaan.

Rinciannya meliputi Pancasila, Bineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Sedangkan poin kedua, menurutnya meneguhkan toleransi sesama umat Islam sebagai perekat dan peneguh kerukunan umat Islam.

 Baca Juga: Study Tiru, FKUB Jateng Ajak FKUB Kaltim ke Gereja Blenduk dan Vihara Watugong

"Poin ketiga meneguhkan dakwah islamiyah yang berwawasan rahmatan lil alamin, menghindari sikap dan praktik kekerasan. Poin keempat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya lokal yang tidak bertentangan dengan agama dan kepribadian bangsa Indonesia," kata Taslim, Sabtu 24 Juni 2023.

Dia tambahkan, poin kelima adalah menguatkan tradisi saling menghormati dalam keragaman pilihan mazab dalam bingkai kemanusiaan. Menurut Taslim, FKUB Jawa Tengah mendapatkan amanat untuk membantu gubernur dalam merawat kerukunan umat beragama.

4 Indikator

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x