Pentingnya Literasi Keuangan untuk Mengatasi Problematika Finansial bagi Generasi Milenial

- 17 Juli 2022, 10:32 WIB
Pembekalan literaai keuangan dari WOM Finance untuk para penerima beasiswa Titiwn Foundatin
Pembekalan literaai keuangan dari WOM Finance untuk para penerima beasiswa Titiwn Foundatin /Klasik Herlambang/Karanganyar News

 

KARANGANYARNEWS – Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan perlambatan perekonomian di masyarakat.

Kondisi ini menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mengelola keuangan, terlebih bila selalu bergaya hidup konsumtif.

Maka dari itu, diperlukan kesadaran dan kemampuan tersendiri dalam hal mengelola keuangan guna mengatasi problematika finansial terutama di saat pandemi.

Baca Juga: Berperan Besar dalam Perkembangan Ekonomi, Koperasi Ini Dapat Penghargaan Anugerah Senator Indonesia

Terkait hal ini, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) bekerjasama dengan Titian Foundation memberikan edukasi literasi keuangan bagi para mahasiswa dan milenial yang baru saja masuk ke dunia kerja.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam program literasi dan inklusi keuangan.

Dengan mengangkat tema “Cerdas Mengelola Keuangan di Era Digital”. Kegiatan ini merupakan forum untuk berbagi pengetahuan dan wawasan tentang topik keuangan.

Yang mana hal ini relevan dengan literasi keuangan kepada mahasiswa dan generasi milenial di tengah serbuan era digital.

Baca Juga: Baru Sedetik Hirup Udara Bebas, Pelaku Penganiayaan Nasabah Bank Plecit Wonogiri Kembali Ditangkap Petugas

Dalam kegiatan kali ini, literasi keuangan diberikan oleh Daniel Wicaksono, selaku Financial Planner.

Sementara terkait wawasan dunia pembiayaan disampaikan oleh Maryanto, Branch Head WOM Finance Kantor Cabang Klaten.

“WOM Finance secara aktif dan berkelanjutan terus melakukan literasi keuangan kepada masyarakat, diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perusahaan pembiayaan dan keuangan serta mengurangi angka kemiskinan,” tandasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan di CLC Titian Foundation, Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu 16 Juli 2022 ini, diikuti oleh para penerima beasiswa dari lembaga ini.

Baca Juga: Gandeng Berbagai Pihak, UNISRI Gelar FGD Guna Mencari Solusi Stunting di Indonesia dan Malaysia

"Para peserta acara ini, adalah mereka yang masih aktif menerima beasiswa dari Titian Foundation. Tapi ada pula yang sudah alumni," jelas Nisa Ufadiyah, salah seorang staff di Titian Foundation.

Di Titian Foundation Bayat, kegiatan ini adalah yang kedua, setelah beberapa waktu lalu juga diadakan.

Rencananya kegiatan seperti itu akan diadakan secara berkala untuk memberi pembekalan kepada para siswa asuh Titian Foundation.

"Pendidikan terkait manajemen keuangan akan sangat bermanfaat bagi para peserta untuk membantu mereka dalam mangelola keuangan mereka. Sehingga ke depan bisa memberi pengaruh yang signifikan dalam mengubah kondisi ekonomi mereka, yang sebelumnya berlatar belakang dari keluarga kurang mampu," pungkas Nisa.***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x