Ganjar Pranowo Sambangi Klaten, Gaungkan Riset Hilirisasi Tembakau

- 27 Desember 2023, 16:05 WIB
Ganjar Pranowo sambangi Klaten, gaungkan riset hilirisasi tembakau. Capres Ganjar Pranowo menyinggung soal riset hilirisasi tembakau untuk dijadikan apa saja selain rokok. (Foto: Instagram/@ganjar_pranowo)
Ganjar Pranowo sambangi Klaten, gaungkan riset hilirisasi tembakau. Capres Ganjar Pranowo menyinggung soal riset hilirisasi tembakau untuk dijadikan apa saja selain rokok. (Foto: Instagram/@ganjar_pranowo) /

KARANGANYARNEWS - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyinggung soal riset hilirisasi tembakau untuk dijadikan apa saja selain rokok. Hal itu diutarakan saat mengunjungi Gudang Tembakau Empatlima di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu, 27 Desember 2023.

"Di luar rokok, untuk apa saja? Kosmetikkah, farmasikah, macam-macam; dan itulah kalau kami bicara, ada riset hilirisasi tembakau bisa diproses untuk apa saja," kata Ganjar Pranowo, dikutip dari Antara.

Mantan gubernur Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Klaten untuk menyerap aspirasi petani, pengusaha serta masyarakat setempat terkait komoditas tembakau.

Baca Juga: Muncul Yel-yel dan Spanduk Bertuliskan Solo Bukan Gibran, Begini Reaksi Sang Cawapres

Ganjar Pranowo berharap para petani tembakau di kabupaten ini bisa belajar dari sejumlah daerah di Jawa Tengah yang bisa mengekspor tembakau berkualitas tinggi.

Terkait tembakau berkualitas tinggi, ia mencontohkan srintil (tembakau grade G dan H) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang harganya bisa tembus Rp850 ribu per kilogram.

Ganjar Pranowo berpandangan komoditas pertanian yang bisa jadi unggulan Indonesia layak mendapat perhatian serius pemerintah.

"Butuh tempat riset agar bisa berkembang. Jangan dimatikan sehingga orang akan bisa bicara (tembakau), benih yang bagus, terus bagaimana memproduksi yang baik, kegunaannya untuk apa saja," kata dia. ***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x