Mengapa Layar Laptop Bikin Pusing dan Mata Capek? Ini Alasannya

- 10 Juli 2023, 23:03 WIB
Mengapa layar laptop bikin pusing dan mata capek? Ini alasannya. Masyarakat era sekarang pasti sudah sangat familier dengan smartphone (HP) dan laptop. (Foto: PixabayFirmbee)
Mengapa layar laptop bikin pusing dan mata capek? Ini alasannya. Masyarakat era sekarang pasti sudah sangat familier dengan smartphone (HP) dan laptop. (Foto: PixabayFirmbee) /

KARANGANYARNEWS - Mengapa Layar Laptop Bikin Pusing dan Mata Capek? Ini Alasannya. Masyarakat era sekarang pasti sudah sangat familier dengan smartphone (HP) dan laptop. Sebagaimana diketahui, laptop merupakan suatu perangkat keras terdiri atas keyboard, layar, baterai, mesin komputer, dan lain sebagainya.

Sementara smartphone atau telepon pintar merupakan suatu perangkat keras terdiri atas layar, baterai, chipset, dan lain sebagainya.

Di dalam laptop maupun personal computer (PC) sendiri terdapat banyak fitur dan cukup kompleks sehingga sering kali digunakan dalam dunia kerja.

Namun, ketika menatap layar laptop maupun PC dalam jangka waktu lama akan membuat mata capek dan kepala agak pusing.

Baca Juga: 5 Fakta Anggi Anggraeni, Pengantin Kabur Usai Menikah Sehari, Kini Dicerai Suami

Berbeda dengan smartphone alias telepon seluler (Ponsel) pintar, meski digunakan dalam jangka waktu lama tak cepat bikin mata jadi lelah. Mengapa demikian?

Hal ini bisa terjadi mungkin dikarenakan jenis layar pada smartphone yang digunakan adalah layar berjenis IPS LCD. Layar IPS LCD ini tidak menghasilkan kedipan cepat sehingga tak gampang bikin mata cepat lelah.

Berbeda dengan laptop maupun PC yang digunakan mungkin berjenis OLED dengan beragam variannya, di antarannya AMOLED, Super AMOLED (S-AMOLED), dan lain sejenisnya.

Layar berjenis OLED menghasilkan kedipan atau garis bayangan hitam yang bergerak lebih menonjol dibandingkan panel layar lain. Kedipan bayangan hitam bergerak ini tidak dapat dilihat oleh mata.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah