Hasil Survey Persaingan E-commerce Indonesia Makin Ketat, Ini Dia Jawaranya

- 4 Februari 2022, 09:00 WIB
Hasil riset Ipsos terkait penggunaan platform e-commerce di Indonwesia.
Hasil riset Ipsos terkait penggunaan platform e-commerce di Indonwesia. /


KARANGANYARNEWS-Banyak orang memanfaatkan maraknya kemeriahan akhir tahun untuk berbelanja kebutuhan dan mendapatkan keuntungan maksimal dari promosi yang ditawarkan.

Melihat antusiasme masyarakat dan pertumbuhan signifikan terhadap belanja online, khususnya di tengah pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, Ipsos, perusahaan riset pasar atau market research global, yang ada di Indonesia, merilis hasil riset terbaru, terkait persaingan dalam industri e commerce selama akhir tahun 2021.

Dari hasil survei, di antara 3 pemain utama e commerce di Indonesia, yakni Tokopedia, Shopee, dan Lazada, diketahui Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Baca Juga: Astana Giri Bangun Pernah Diisukan Berlapis Emas, Inlah 9 Fakta Makam Presiden Soeharto

Adapun indikator yang digunakan adalah indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often (BUMO). Berdasarkan indikator BUMO ini, 54% responden memilih Shopee, disusul Tokopedia (30%) dan Lazada (13%). Indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%) dan Lazada (12%).

"Artinya Shopee adalah merek atau platform e commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia," jelas Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia.

Kemudian, indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), dimana Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 41%, diikuti dengan Tokopedia (34%) dan Lazada (16%).

Baca Juga: Mimpi Tak Terduga, Lady Gaga Masuk Nominasi BAFTA Award 2022

Indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 40%. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (30%) dan Lazada (16%).

Menurut Andi Sukma, data itu merupakan hasil dari penelitian Ipos di Indonesia secara online, dengan melibatkan total 1000 responden dari usia 18 - 35 tahun ke atas.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x