Hujan Turun Deras saat Tahun Baru Imlek 10 Februari 2024, Begini Penjelasan Mitos Hujan saat Imlek

- 10 Februari 2024, 10:24 WIB
Hujan Turun Deras saat Tahun Baru Imlek 10 Februari 2024, Begini Penjelasan Mitos Hujan saat Imlek . (Foto: Zefanya Permata Nindyatama)
Hujan Turun Deras saat Tahun Baru Imlek 10 Februari 2024, Begini Penjelasan Mitos Hujan saat Imlek . (Foto: Zefanya Permata Nindyatama) /

KARANGANYARNEWS - Inilah mitos hujan saat imlek. Sebagaimana diketahui bahwa masyarakat Tionghoa percaya peruntungan Imlek berhubungan dengan hujan. Begitupula dengan kondisi pas jatuh Tahun Baru Imlek 2024 yang ditandai dengan hujan deras pagi hari pada Sabtu 1 Februari 2024 tadi.

Jika hujan, maka kemakmuran akan terjadi sepanjang tahun ke depan, seperti saat Tahun Baru Imlek 2024 yang jatuh pada Sabtu ini, 10 Februari 2024. Sebaliknya, jika tidak hujan berarti rejeki selama setahun kedepan seret.

Diketahui, penanggalan Tionghoa itu berdasarkan pada bulan atau lunar yang disempurkankan dengan penanggalan matahari atau solar.

 Baca Juga: Mau Bikin Menu Spesial Imlek 2024 kok Bingung, Nah, Ini Dia Resep Sup Baikut Rebung

Itulah mengapa Tahun Baru Imlek setiap tahun jatuh antara tanggal 21 Januari-21 Februari. Pada bulan-bulan itu hujan akan turun dengan intensitas tinggi.

Tahun Baru Imlek sekaligus menandai datangnya musim semi, musim yang dipercaya Masyarakat Tionghoa sebagai musim hoki atau keberuntungan.

Masyarakat Tiongkok atau China  menjadikan hari taya Imlek sebagai momen bersyukur karena datangnya musim semi. Saat musim semi, hasil panen akan melimpah.

Baca Juga: Abaikan Intruksi Gubernur, Warga Solo Nekat Berdesakan Sambut Imlek

Maka dari itu mereka percaya, dengan hujan yang turun jelang musim semi akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan ke depan.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x