5 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa, Gampang Dipraktikkan dan Manjur!

- 1 April 2022, 22:50 WIB
Cara mengatasi ngantuk saat puasa. Ketika berpuasa, kebanyakan orang mengalami rasa lemas dan mengantuk sehingga memilih tidur. (Foto: Pixabay/Shlomaster)
Cara mengatasi ngantuk saat puasa. Ketika berpuasa, kebanyakan orang mengalami rasa lemas dan mengantuk sehingga memilih tidur. (Foto: Pixabay/Shlomaster) /

KARANGANYARNEWS – Ketika berpuasa, kebanyakan orang mengalami rasa lemas dan mengantuk sehingga tak sedikit yang menggunakan waktunya untuk bermalas-malasan dan memperbanyak tidur.

Tentunya akan sangat sekali apabila pada momen Ramadan hanya dimanfaatkan untuk tiduran, mengingat di bulan suci ini banyak pahala bisa kita dapatkan lewat berbagai aktivitas ibadah.

Nah, untuk mengatasi rasa ngantuk, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar puasamu lebih produktif.

Baca Juga: Resep Milkshake Oreo, Susu Kocok Kekinian yang Mudah dan Murah Meriah

  1. Perbanyak minum air putih

Idealnya mengonsumsi air putih adalah dua liter sehari atau setara dengan delapan gelas sehari.

Nah selama berpuasa, asupan air putih harus tetap tercukupi untuk melancarkan metabolisme dan meningkatkan fokus. Kamu bisa minum air putih dua gelas saat sahur, dua gelas setelah berbuka, dan empat gelas di malam hari.

  1. Berolahraga

Olahraga dapat mengatasi rasa ngantuk karena lewat aktivitas ini tubuh akan memompa hormon dan zat-zat kimia dalam darah.

Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar dan sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat.

Menurut beberapa penelitian, olahraga di pagi hari sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah, melatih jantung, dan tentunya menjadi sistem imun tubuh. 

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x