Sucikan Hati di Bulan Suci; Inilah Jalur Termulus Meraih Hidayah Illahi

- 3 April 2022, 16:58 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

ALQURAN diturunkan Allah Yang Maha Suci, pada bulan Ramadhan yang suci, dan Aquran akan memberikan cahaya kepada orang-orang yang hatinya suci.

Setiap orang diciptakan Allah dari dua unsur. Unsur yang pertama ialah jasmani atau jasad. Jasmani manusia diciptakan Allah dari tanah, bersifat benda atau materi.

Karena itu, kebutuhan jasmani juga berbentuk benda atau materi. Selain itu, jasmani manusia juga dilengkapi dengan hawa nafsu. Hawa nafsu, berarti keinginan dan kecenderungan kejasmanian.

Baca Juga: Kaum Muslim Wajib Tahu; Inilah 3 Orang yang Dicintai Allah

Hawa nafsu tidak mungkin dibunuh, kecuali manusia itu sendiri yang mati. Tanpa nafsu, manusia tidak akan ada keturunan. Hawa nafsu perlu dikontrol dan dikendalikan, jika tidak akan mendorong manusia mementingkan hidup kematerian atau kebendaan.

Manusia seperti itu akan mudah hanyut dalam kehidupan yang tidak bersih, bahkan mudah berbuat kejahatan. Dengan kata lain, manusia seperti ini biasa berkubang dalam kebejatan, karena hanyut dalam pusaran gravitasi dunia.

Unsur kejadian manusia yang kedua, ialah rohani. Rohani manusia bukan berasal dari materi, tetapi ia berasal dari unsur roh yang berarti suci. Karena roh berasal dari sesuatu yang suci, maka kebutuhannya pun juga bersifat rohani dan suci.

Baca Juga: Memaknai Filosofi ‘Gusti Allah Mboten Sare’

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x