Membangun Peradaban Bangsa dari Lingkup Keluarga

- 3 April 2022, 20:40 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

TANTANGAN membangun kehidupan keluarga saat ini, sungguh sangatlah berat. Oleh karenanya, penting membangun peradaban bangsa dan peradaban manusia  dari keluarga.

Keluarga adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Di dalam sebuah keluarga ada seorang pemimpin dan seorang pendidik, pada hakikatnya pangkat beliau lebih tinggi dari seorang profesor.

Suatu keluarga adalah madrasah kehidupan pertama dan utama bagi seorang anak. Sebagai orangtua, berhati-hatilah dalam berprilaku di dalam rumah, karena anak akan melihat, mempelajari dan meneladani perilaku orangtuanya. 

Baca Juga: Sucikan Hati di Bulan Suci; Inilah Jalur Termulus Meraih Hidayah Illahi

Maka dari itu, sebagai orang tua harus mampu menjadi pendidik yang cerdas, pendidik yang cerdas disini tidak mesti berpendidikan tinggi, tapi pendidik yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan fisik anak.

Namun, juga mampu memenuhi kebutuhan jiwanya dengan kasih sayang, keteladanan, dan pendidikan moral sejak dini agar menjadi generasi penerus yang mampu membangun peradaban.

Sebagai seorang ibu, jangan terlalu banyak berharap memiliki anak yang rajin shalat, jika tak pernah shalat, jangan berharap anak pandai membaca Alqur'an jika menyentuhnya pun anda tidak pernah. Peran seorang ibu, sangatlah penting dalam membentuk anak yang saleh dan salehah.

 Baca Juga: Kaum Muslim Wajib Tahu; Inilah 3 Orang yang Dicintai Allah

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x