Tausiah Hari Ini; Berat Ringannya Masalah Tergantung Cara Kita Mensikapi

- 27 Mei 2022, 07:11 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

MANUSIA selain sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial, di mana ia akan membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial, manusia tentunya tidak lepas dari berbagai permasalahan.

Masalah yang timbul pada manusia sebagai makhluk individu, diantaranya masalah yang bersumber dari diri sendiri. Seperti rasa sakit hati, kecewa, merasa tidak mampu, dan rasa yang tidak mengenakkan lainnya.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Mudah Diamalkan, Inilah Syariat ‘Belajar Menerima Taqdir’

Setiap manusia pasti pernah mempunyai masalah dalam kehidupannya, baik masalah berat maupun ringan. Berat dan atau ringannya masalah tadi, sangat tergantung bagaimana kita menyikapi masalah tersebut.

Bisa saja masalah ringan akan terasa berat jika kita salah menyikapi masalah tersebut, begitu pula sebaliknya akan terasa ringan dalam menghadapi masalah berat jika kita tepat dalam menyikapi masalahnya.

Kita ketahui bersama, manusia akan dihadapkan pada suatu masalah sebagai ujian hidup di dunia ini, sebagaimana firman Allah QS. 3 : 186 sebagai berikut:

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x