Kenali Tanda-tanda Heat Stroke, Sering Menyerang Jemaah Haji

- 28 Mei 2022, 00:40 WIB
Heat stroke atau serangan panas menjadi hal pertama yang diantisipasi petugas maupun jemaah haji sehingga perlu dikenali tanda tanda heat stroke. (Foto ilustrasi: Pixabay)
Heat stroke atau serangan panas menjadi hal pertama yang diantisipasi petugas maupun jemaah haji sehingga perlu dikenali tanda tanda heat stroke. (Foto ilustrasi: Pixabay) /

KARANGANYARNEWS - Heat stroke atau serangan panas menjadi hal pertama yang diantisipasi tenaga kesehatan haji dalam menjalankan tugas. Untuk itu, baik petugas maupun jemaah haji diminta untuk dapat mengenali tanda tanda heat stroke.

''Jangan sampai mereka tidak menyadari bahwa sudah masuk dalam tahapan heat exhausted. Mereka harus mengenali gejala heat exhausted seperti pusing, mual terutama pada saat aktivitas di luar ruangan,'' kata Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Muhammad Imran pada rapat koordinasi tim PPIH Bidang Kesehatan, Kamis, 26 Mei 2022, dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id.

Menurut Muhammad Imran, ada kondisi sebelum orang dinyatakan mengalami heat stroke.

Baca Juga: Wajib Diketahui! 5 Istilah Kasus Monkeypox-Cacar Monyet dan Definisinya

Kondisi pertama adalah heat exhausted. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit kepala, keringat berlebihan, kulit terlihat pucat, lembab, dan terasa dingin, napas cepat, mual, dan nyeri otot.

Kondisi ini dapat diatasi dengan minum air cukup, mengganti elektrolit yang hilang, menyemprot tubuh dengan air, dan beristirahat setidaknya 30 menit.

Kondisi lebih parah, saat orang mengalami heat stroke atau serangan panas.

Merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan.

Baca Juga: Sentilan Gus Baha kepada Orang yang Minta Didoakan Hajinya Mabrur

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x