Kreatif, Unik, dan Inspiratif, Petugas UPS Ini Sulap Botol Plastik Jadi Perahu Motor yang Ramah Lingkungan

- 12 Maret 2024, 11:05 WIB
Kreatif, Unik, dan Inspiratif, Petugas UPS Ini Sulap Botol Plastik Jadi Perahu Motor yang Ramah Lingkungan
Kreatif, Unik, dan Inspiratif, Petugas UPS Ini Sulap Botol Plastik Jadi Perahu Motor yang Ramah Lingkungan /ANTARA

KARANGANYARNEWS - Botol plastik air mineral bekas seperti Aqua, Le Mineral hingga Ades akan sangat sayang jika tidak dibuat kreasi yang berguna. Maka dari itu buatlah sesuatu dengan bahan sampah tersebut menjadi alat berguna, contohnya adalah perahu motor.

Seperti yang dilakukan Petugas Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur ini yang berhasil menyulap botol plastik air mineral bekas menjadi perahu motor.

Petugas UPS Badan Air Kecamatan Duren Sawit. Indra Sianturi mengatakan, inovasi itu merupakan pertama yang dibuat UPS Badan Air Kecamatan Duren Sawit untuk wilayah DKI Jakarta yang secara struktur organisasi berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Baca Juga: Hanya dengan AQUA Botol, Ini Resep Kopi Tubruk saat Camping, Mantapnya Tak Kalah dengan Coffee Shop

"Hingga saat ini, kami sudah membuat dua unit perahu dari botol plastik bekas," kata Indra di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), Duren Sawit, Jaktim, belum lama ini.

Menurut Indra, ada dua jenis perahu yang dibuatnya, yakni perahu yang sudah diwarnai merah dan hijau dengan panjang 4 meter dan lebar 1,75 meter. Satu perahu lagi, berukuran panjang 4 meter dan lebar 2 meter, namun belum di cat.

Untuk merakit satu buah perahu, lanjut Indra, pihaknya menghabiskan waktu hingga dua pekan.

Baca Juga: Gokil Bro! Gibran Ngantor Pakai Kalung Botol Mixue yang Lagi Hits

Perakitan itu dimulai dari mengumpulkan material berupa bambu dan kayu bekas yang didapat dari sampah di aliran kali Kanal Banjir Timur (KBT), botol bekas berasal dari bank sampah warga, lalu cat warna, tali benang wol dan lem.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x