Beda Bahan Baku Lain Perlakuannya: Catat, Jenis Plastik Kemasan Air Meneral Aqua dan Merek Lainnya

- 24 Agustus 2023, 09:05 WIB
Bahan baku plastik yang dipergunakan dalam kemasan air mineral Aqua dan merek lainnya
Bahan baku plastik yang dipergunakan dalam kemasan air mineral Aqua dan merek lainnya /foto: sehataqua/

KARANGANYARNEWS - Dalam botol kemasan air mineral berbagai merek dagang, termasuk air kemasan Aqua terdiri beragam jenis plastik. Berdasarkan bahan bakunya, jenis plastik kemasan air mineral  dibedakan menjadi tiga. Bahan plastik teruntuk label atau stiker merek air mineral, penutup botol, dan badan botol kemasan air mineral.

 

Untuk dapat membedakan jenis plastik yang digunakan dalam kemasan air meneral seperti Aqua, sekaligus agar tidak salah memberlakukannya dalam proses daur ulang berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Plastik Label Kemasan Air Mineral

Bagian yang tidak mungkin dan pernah terlewatkan dari plastik kemasan berbagai merek air mineral, termasuk Aqua adalah label atau merek dagang yang juga berbahan baku plastik.

 Baca Juga: 4 Wisata Mata Air Alami di Klaten: Tubing Uji Adrenalin, Waterboom dan Diving Snorkling

Umumnya label atau stiker yang tertempel melingkar pada botol kemasan air mineral, terbuat dari campuran beberapa jenis plastik. Diantaranya Polyethylene (PE) , Polypropylene (PP) dan nylon.

  1. Plastik Tutup Botol Kemasan Air Mineral

Tutup botol plastik kemasan air mineral beragam warnanya, tergantung merek dagangnya masing-masing. Ada yang berwarna merah, putih, pink, dan lainnya. Air mineral Aqua, tutup botol kemasannya berwarna biru.

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari waste4chnge.com, jenis bahan baku plastik penutup botol kemasan air mineral terbuat dari plastik High-density Polyethylene (HDPE), ada juga yang dari Polypropylene.

 Baca Juga: Lengkap Harga Tiket, 4 Wisata Mata Air Alami di Klaten: Rekomended, Eksotik dan Instagramable

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah