Pesona Wisata Air Umbul Kemanten Klaten, Syahdu dan Instagramable Cocok buat Relaksasi

- 10 Agustus 2023, 14:51 WIB
Pesona wisata air Umbul Kemanten Klaten, syahdu dan Instagramable cocok buat relaksasi. Tempat ini jadi objek wisata air paling populer di Kabupaten Klaten. (Foto: Dok. Istimewa/Jannah)
Pesona wisata air Umbul Kemanten Klaten, syahdu dan Instagramable cocok buat relaksasi. Tempat ini jadi objek wisata air paling populer di Kabupaten Klaten. (Foto: Dok. Istimewa/Jannah) /

KARANGANYARNEWS - Pesona Wisata Air Umbul Kemanten Klaten, Syahdu dan Instagramable Cocok buat Relaksasi. Kabupaten Klaten terkenal dengan julukan Kota Seribu Umbul. Karenanya, saat berlibur ke daerah ini, umbul menjadi salah satu destinasi wisata air yang wajib banget dikunjungi.

Salah satu objek wisata air paling populer di Kabupaten Klaten adalah Umbul Kemanten yang berlokasi di Jalan Janti Boto, Wunut, Kecamatan Tulung.

Adapun untuk menuju ke destinasi wisata ini, kamu memerlukan waktu sekira 20 menit berkendara sepanjang 13 km dari pusat Kota Klaten. Namun jangan risau karena kondisi akses jalan yang dilalui cukup bagus.

Baca Juga: Wayang Orang Sriwedari, Sejarah dan Eksistensinya yang Tak Lekang Zaman

Sedikit mengulik sejarah, berdasarkan cerita turun-temurun dari warga sekitar, penamaan Umbul Kemanten konon dahulu berawal dari kisah sepasang pengantin hilang di sekitar lokasi karena melanggar aturan pingitan.

Dalam tradisi Jawa, pingitan berati calon pengantin dilarang bertemu satu sama lain sebelum pernikahan.

Saat ini Umbul Kemanten dikelola badan usaha milik desa (Bumdes). Daya tarik yang dimiliki, yakni air sangat jernih dan pastinya juga menyegarkan.

Saat memasuki Umbul Kemanten, kamu akan disambut pemandangan pohon rindang yang membuat atmosfer sekitar menjadi sejuk dan asri.  

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x