Melongok Desa Wisata Kreatif Terong Belitung, Destinasi Berkelas Dunia

- 26 Juli 2023, 00:03 WIB
Desa Wisata Kreatif Terong, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung memiliki kualitas dunia karena potensi wisata alamnya yang indah. (Foto: Dok. Istimewa/kemenparekraf.go.id)
Desa Wisata Kreatif Terong, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung memiliki kualitas dunia karena potensi wisata alamnya yang indah. (Foto: Dok. Istimewa/kemenparekraf.go.id) /

KARANGANYARNEWS - Melongok Desa Wisata Kreatif Terong Belitung, Destinasi Berkelas Dunia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno menyebut potensi pariwisata di Indonesia, khususnya desa wisata memiliki kualitas dunia sehingga sangat penting untuk terus dikembangkan. Salah satu potensi itu dimiliki Desa Wisata Kreatif Terong, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Hal ini diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Kreatif Terong, Jumat, 2 Juni 2023 dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, sekaligus mengukuhkan Desa Wisata Kreatif Terong sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

"(Potensi) Desa Wisata Kreatif Terong ini adalah salah satu bukti pariwisata kelas dunia. Selain potensi wisata alamnya, saya juga sangat tertarik dengan potensi ekonomi kreatifnya," kata Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan, dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Niat Puasa Asyura 10 Muharram 1445 H, Lengkap dengan Arti dan Haditsnya

Desa Wisata Kreatif Terong merupakan sebuah desa terletak di jalur utama pariwisata Belitung. Ditopang dengan keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang aktif dan produktif, membuat Desa Wisata Kreatif Terong kuat dengan pariwisatanya berkualitas dan berkelanjutan. Salah satunya terwujud di destinasi wisata Aik Rusa'Berehun.

Kawasan ini dulunya adalah bekas tambang timah yang oleh Pokdarwis bersama masyarakat dikembangkan menjadi destinasi berkelanjutan.

Masyarakat melakukan reklamasi secara swadaya, menyulap kawasan bekas tambang ini selama tiga tahun pada 2013 hingga 2016 menjadi destinasi wisata.

Pembiayaan awalnya melalui pola iuran anggota komunitas sebesar Rp10 ribu per bulan. Sampai pada akhirnya setelah komunitas Wisata Aik Rusa'Berehun bisa mandiri dan menunjukkan konsistensinya, pemerintah Desa Terong mulai mengucurkan APBDes Terong periode 2016 hingga 2018 untuk membangun sarana dan prasarana pariwisata.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenparekraf.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x