Sempat Terjebak di Tengah Peperangan, 9 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina

- 18 Maret 2022, 21:58 WIB
Para pengungsi Ukraina di stasiun kereta Krakow, Polandia, 13 Maret 2022
Para pengungsi Ukraina di stasiun kereta Krakow, Polandia, 13 Maret 2022 //theguardian.com

KARANGANYARNEWS - Sempat terjebak di kota Chernihiv, Ukraina, sembilan orang warga negara Indonesia (WNI) akhirnya berhasil dievakuasi oleh Tim Kementerian Luar Negeri RI.

Melalui sebuah proses evakuasi yang sulit karena terjebak di zona perang, kini kesembilan WNI sudah berada di zona aman.

“Proses evakuasi sangat sangat sangat tidak mudah. Setiap hari, selama kurang lebih 22 hari, upaya untuk mengevakuasi para WNI dari Chernihiv terus dilakukan. Namun, baru hari ini mereka berhasil dievakuasi melalui jalur Kiev, kemudian ke Lviv dan kemudian menyeberang ke wilayah Polandia,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan pers Jumat (18/3/2022).

Dia menjelaskan bahwa berbagai skenario dan jalur evakuasi yang dibuat harus terus disesuaikan hampir setiap hari, karena situasi di lapangan yang terus berubah.

Baca Juga: Pulang ke Pura Mangkunegaran, Paundrakarna Berdamai dengan Bhre Cakrahutomo? Ini yang Akan Dilakukan

“Alhamdulillah, sembilan WNI tersebut saat ini sudah berada di zona aman,” ujar Menlu.

Dia melanjutkan bahwa setibanya di Warsawa, Polandia, seluruh WNI akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum nantinya berangkat menuju Tanah Air pada Minggu (20/3) menggunakan pesawat komersial.

Dengan demikian, sebanyak 133 orang warga negara Indonesia yang berada di Ukraina telah berhasil dievakuasi.

Terdapat 23 orang WNI yang memilih tinggal di Ukraina, rata-rata atas alasan keluarga, dan sembilan orang staf esensial KBRI yang saat ini berada di kota Lviv.

Baca Juga: Suksesi Pura Mangkunegaran; Inilah Isarat Dibalik Pertemuan Paudra dan Bhre

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI Judha Nugraha, yang saat ini berada bersama para WNI yang telah dievakuasi, mengatakan bahwa aspek keselamatan menjadi prioritas utama selama evakuasi dilakukan.

“Oleh karena itu, waktu menunggu mendapatkan window yang aman bagi evakuasi memang memakan waktu yang lama,” ujarnya.

Komunikasi dan koordinasi intensif dengan berbagai pihak di Ukraina juga terus dilakukan guna memastikan evakuasi dapat dilakukan dengan aman.***

Editor: Langgeng Widodo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x