Balas Dendam! Rusia Ngamuk, 5 Diplomat Kroasia Diusir

- 31 Mei 2022, 22:51 WIB
Pemerintah Rusia sekali lagi melakukan aksi pengusiran terhadap sejumlah diplomat asing. Kali ini korbannya adalah diplomat Kroasia. (Foto ilustrasi: Pixabay/PublicDomainPictures)
Pemerintah Rusia sekali lagi melakukan aksi pengusiran terhadap sejumlah diplomat asing. Kali ini korbannya adalah diplomat Kroasia. (Foto ilustrasi: Pixabay/PublicDomainPictures) /

KARANGANYARNEWS - Rusia lagi-lagi melakukan aksi pengusiran terhadap sejumlah diplomat asing. Kali ini korbannya adalah diplomat Kroasia.

Sebelumnya, pada 11 April lalu, Kroasia mengusir 18 diplomat Rusia sebagai bentuk protes terhadap invasi Negeri Beruang Merah ke Ukraina.

Aksi itu pun kemudian dibalas Rusia pada Jumat, 27 Mei 2022 lalu. Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, lima diplomat Kroasia berstatus persona non grata.

Baca Juga: Astaga! Seekor Domba Dihukum 3 Tahun di Kamp Militer Gara-gara Bunuh Wanita

Mereka telah memanggil duta besar Kroasia atas apa yang disebutnya sebagai “upaya tidak berdasar” Zagreb untuk menyalahkan Rusia atas kejahatan perang di Ukraina dan dukungan militernya untuk Ukraina.

Surat keterangan resmi perihal itu diserahkan kepada Duta Besar Kroasia untuk Rusia, Tomislav Car.

Bukan hanya Kroasia, Rusia sebelumnya juga memulangkan 34 diplomat Prancis, 27 diplomat Spanyol, dan 24 diplomat Italia bulan ini.

Baca Juga: Pencarian Eril Hilang, Ridwan Kamil Tulis Surat Menggetarkan

Rusia juga telah mengusir sepasang diplomat Finlandia setelah memanggil duta besar negara itu atas apa yang disebutnya sikap konfrontatif Helsinki terhadap Moskow dan pasokan senjatanya ke Ukraina.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x