Arti Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Cara Menjawab dan Hukumnya

- 4 April 2024, 22:13 WIB
Arti Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Cara Menjawabnya.
Arti Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Cara Menjawabnya. /Freepik

KARANGANYARNEWS - Menjelang dan saat lebaran atau Idul Fitri kalian pasti akan sering mendengar atau membaca ucapan taqabbalallahu minna wa minkum.

Namun, masih banyak yang belum tahu arti dan makna ucapan taqabbalallahu minna wa minkum.  Biasanya, ucapan ini diucapkan bersamaaan dengan ucapan minal aidin wal faidzin.

Apa arti taqabbalallahu minna wa minkum dan bagaimana cara menjawab ucapan tersebut? Kalian umat Islam harusnya memahami arti ucapan tersebut di momen lebaran atau Idul Fitri.

Baca Juga: Kata Gus Baha, Ini Pentingnya Membaca Alquran di Bulan Ramadhan 

Sebab, memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya menjadi salah satu cara agar kalian bisa menjalani amalan sunnah saat momen Idul Fitri.

Selain itu, kalimat taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya termasuk salah satu ucapan Idul Fitri yang disunnahkan dan dibenarkan dalam Islam.

Dilansir dari Kitab Fathul Bari karya Ibnu Hajar Al Asqalani, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya sering dilakukan para sahabat Rasulullah SAW.

Baca Juga: Diperkirakan 193,6 Juta Orang Mudik Lebaran 2024, Boyolali Ikut Siapkan Pasukan Operasi Ketupat Candi 

Dalam sebuah riwayat, para sahabat rasulullah SAW saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum beserta jawabannya saat bertemu pada momen Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x