Kata Gus Baha, Ini Pentingnya Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

- 4 April 2024, 21:34 WIB
Kata Gus Baha, Ini Pentingnya Membaca Alquran di Bulan Ramadhan.
Kata Gus Baha, Ini Pentingnya Membaca Alquran di Bulan Ramadhan. /Getty Images

KARANGANYARNEWS – Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Ramadhan adalah membaca Alquran. Terutama pada 10 hari terakhir Ramadhan.

Sebab, Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Alquran pertama kali. Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran sebagai amalan bulan Ramadhan.

Ada banyak keutamaan baca Alquran di bulan Ramadhan. Terlebih lagi,membaca Alquran juga merupakan salah satu amalan sunah yang dapat menyempurnakan ibadah puasa.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari ke 25: Allah Selalu Memberi Makan Minum dan Tak Pernah Takut serta Sedih  

Nabi Muhammad SAW pun selalu memperbanyak membaca Alquran sebagai amalan bulan Ramadhan. bahkan, di awal-awal menerima wahyu, malaikat Jibril turun untuk mengajari Rasulullah SAW.

Diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas‘ud, keutamaan Alquaran bahwa setiap satu huruf yang dibaca akan mendapatkan balasan satu kebaikan. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran), dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh.

Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At Tirmidzi).

Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari ke 25: Mohon Lebih Mencintai Para wali dan dijadikan Pengikut Sunnah Nabi Muhammad 

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x