MUSLIM WAJIB TAHU: Inilah Jawaban Misteri Kapan Turunnya Malam Lailatul Qodar?

- 30 Maret 2024, 04:05 WIB
Wajib tahu dan dicatat, inilah jawaban misteri kapan turunnya malam Lailatul Qodar yang disebutkan lebih baik dari 1000 bulan?
Wajib tahu dan dicatat, inilah jawaban misteri kapan turunnya malam Lailatul Qodar yang disebutkan lebih baik dari 1000 bulan? /Pixabay/SuanlianTangpua

KARANGANYARNEWS - Kapan turunnya malam Lailatul Qodar? hingga kini, masih menjadi tanda tanya besar yang belum terjawab. Para ulama, berbeda pendapat terkait keakuratan tanggalnya. Inilah jawaban misteri, kapan turunnya malam Lailatul Qodar yang disebutkan lebih baik dari 1000 bulan?

Dalam surat al-Qadar dijelaskan, Alquran diturunkan pada malam Al-Qadr (malam kemualiaan). Dalam surat ad-Dukhan dijelaskan, Alquran diturunkan pada lailah mubarakah (malam yang diberkahi), nama lain dari malam Lailatul Qodar.

Sedangkan dalam surat al-Baqarah dijelaskan, Alquran diturunkan pada Bulan Suci Ramadhan. Dan dalam surat al-Anfal disebutkan, Alquran diturunkan pada malam bertepatan bertemunya pasukan muslimin dan pasukan musyrikin pada perang Badar.

 Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari keduapuluh: mohon dibukakan seluruh pintu surga dan ditutup semua pintu neraka

“Terkenal dengan hari pembeda antara haq dan batil atau  hari kemenangan. Semuanya tidak menyebutkan tanggalnya, dalam surat al-Baqarah hanya disebutkan turunnya Alquran Bulan Suci Ramadhan,” tulis muhammadiyah.or.id yang bersuber dari Majalah Suara Muhamadiyah nomor 17 tahun 2003.

Dijelaskan juga oleh Sayyid Qutb, pada Bulan Suci Ramadhan itulah diturunkan permulaan Alquran ke dalam hati nabi Muhammad Saw, untuk disampaikan kepada umatnya.

 

Tanggal Ganjil

Malam Lailatul Qadar sering juga disebut malam takdir, karena pada malam itu Allah menetapkan segala sesuatu. Ada juga yang menyebut malam maqam (kedudukan yang tinggi) atau qayyimah yang berarti lurus. (Sayyid Qutb, XXX: 210)

 Baca Juga: Inilah Jawaban dan dalilnya: Mimpi Basah, Kenapa Tak Membatalkan Puasa Ramadhan?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah