Shalat Tarawih Belum Shalat Isya? Catat, Inilah Syariat Ibadah Sunah Bulan Puasa Ramadhan

- 27 Maret 2024, 03:05 WIB
Muslim wajib tahu, inilah syariat ibadah sunah bulan puasa ramadhan, teruntuk kalian yang keburu shalat tarawih tapi belum shalat isya
Muslim wajib tahu, inilah syariat ibadah sunah bulan puasa ramadhan, teruntuk kalian yang keburu shalat tarawih tapi belum shalat isya /lustrasi Shalat Taraweh/ Foto: Dok Pemprov Kepri/Dok Pemprov Kepri

KARANGANYARNEWS - Terlambat datang ke masjid, belum shalat Isya keburu mengikuti jamaah shalat tarawih. Inilah syariat dan dalilnya, teruntuk kalian yang menjalani  shalat tarawih tapi belum shalat isya.

Sebagaimana diketahui, shalat tarawih merupakan ibadah sunah yang dilakukan selepas shalat isya selama Bulan Suci Ramadhan.

Shalat tarawih mengandung banyak keutamaan, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba melaksanakannya, meskipun ada juga yang terlambat datang di masjid untuk shalat tarawih berjamaah.

 Baca Juga: Suntik dan Infus Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?

Salah satu diantara sederet keutamaan shalat tarawih, sebagaimana termaktub dalam redaksi hadits Rasulullah saw berikut ini:

   مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ  

Artinya: “Barangsiapa mendirikan shalat (pada malam bulan) Ramadhan karena didasari keimanan dan mencari pahala, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun Alaih).

 

Waktu Shalat Tarawih

Mayoritas ulama menyatakan, yang dimaksud dengan shalat malam bulan Ramadhan ialah shalat tarawih. Pahala yang tertera dalam hadits berlaku umum, baik dilakukan secara sendirian maupun berjamaah.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x