4 Dosa Besar di Saat Puasa Ramadhan: 2 Diantaranya, Menurut Gus Baha Dibenci dan Dilaknat Allah

- 23 Maret 2024, 03:35 WIB
Catat, inilah 4 dosa besar yang harus dihindari saat Puasa Ramadhan. Dua diantaranya, menurut Gus Baha, dibenci dan dilaknat Allah
Catat, inilah 4 dosa besar yang harus dihindari saat Puasa Ramadhan. Dua diantaranya, menurut Gus Baha, dibenci dan dilaknat Allah /Berita Bantul/

KARANGANYARNEWS – Muslim wajib tahu, inilah 4 dosa besar yang harus dihindari umat Islam saat menjalani Puasa Ramadhan. Dua diantaranya, menurut Gus Baha, selain dibenci juga dilaknat Allah.

Meskipun bulan Ramadhan itu penuh kemuliaan dan ampunan, bukan berarti umat Islam terbebas dari dosa dan ancaman hukumannya, atas perbuatan yang menyimpang syariat sebagaimana dijelaskan dalam Aquran dan hadist Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari salah sebuah ceramah KH Ahmad Bahauddin Nursalim yang lebih akrap disapa Gus Baha, terkait dosa-dosa  besar yang dilakukan umat Islam di bulan Ramadhan.

 Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari ke Tigabelas: Allah Mencatat Seperti Pahala Ibadah Penduduk Mekkah Madinah

Dalam ceramahnya yang juga diunggah pada kanal YouTubeDawuh Aulia tadi, Gus Baha berpesan agar seluruh umat Islam mewaspadai perbuatan yang dikategorikan termasuk dosa besar, terutama selama bulan Ramadhan.

Dijelaskan, secara umum dan berdasarkan ijma para ulama dosa paling besar adalah kafir. Dosa besar urutan berikutnya, membunuh orang mukmin dan pada urutan ketiga, Gus Baha menyebutkan perbuatan zina.

 

Dibenci dan Dilaknat Allah

“Namun demikian, terutama di Bulan Suci Ramadhan ada dua dosa yang harus dihindari umat Islam agar tidak dibenci dan mendapat laknat Allah SWT,” terang dia dalam sebuah ceramah di kanal YouTube Dawuh Aulia tadi.

 Baca Juga: Mohon Ketakwaan dan Sahabat Orang Baik: Doa Puasa Ramadhan Hari ke Tigabelas

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah