Tertidur dan Lupa Membaca Niat, Apakah Membatalkan Puasa Ramadhan?

- 18 Maret 2024, 03:35 WIB
Muslim wajib tahu, inilah jawabnya. Apakah tertidur dan lupa membaca niat membatalkan puasa ramadhan yang dijalaninya?
Muslim wajib tahu, inilah jawabnya. Apakah tertidur dan lupa membaca niat membatalkan puasa ramadhan yang dijalaninya? /Pexels @TimurWeber/

KARANGANYARNEWS – Meski ibadah fardlu Puasa Ramadhan 2024 atau Tahun 1445 telah kita jalani ke sekian hari,  tidak sedikit juga umat Islam mempertanyakan syariat membaca niat Puasa Ramadhan. Salah satu Diantaranya, tertidur dan lupa baca niat apakah membatalkan Puasa Ramadhan?

Sebagaimana diketahui, salah satu hal yang harus dilakukan sebelum menjalankan ibadah fardlu Puasa Ramadhan, adalah makan sahur dan membaca niat Puasa,  seperti hukum pengganti Puasa Ramadhan di di bulan Syawal.

Namun demikian, jikalau tanpa sengaja kaum muslim dan muslimat tertidur dan atau lupa membaca niat Puasa, sah atau tidak Puasa Ramadhan yang dilakukan?

 Baca Juga: Keluar Flek dari Organ Intim Wanita, Apakah Membatalkan Puasa Ramadhan?

Berikut jawab dan penjelasannya, dilengkapi dalil-dalilnya sesuai syariat Puasa Ramadhan yang dilansir KaranganyarNew.com dari unggahan laman dalamislam.com.

Terkait membaca niat tersebut, Sabda Rasulullah SAW berikut ini dapat juga dijadikan referensi: “Sahnya suatu amal bergantung pada niat. Setiap orang akan mendapatkan balasan dari apa yang ia niatkan.” (HR Bukhari)

 

Syariat Niat Puasa Ramadhan

Tidaklah penting bagi seseorang untuk mengesahkan niat Puasa Ramadhan dalam pikirannya, atau mengatakan bahwa dirinya akan menjalankan ibadah fardlu di Bulan Suci Ramadhan pada hari berikutnya.

 Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari Kedelapan: Allah Memberi Pahala Setara 60.000 Ahli Ibadah

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x