2 Diantaranya, Melatih Kejujuran dan Kedisiplinan: 5 Keutamaan Puasa Ramadhan Bagi Anak

- 15 Maret 2024, 05:00 WIB
5 keutamaan Puasa Ramadhan teruntuk anak yang belum baligh, 2 diantaranya, melatih kejujuran dan kedisiplinan
5 keutamaan Puasa Ramadhan teruntuk anak yang belum baligh, 2 diantaranya, melatih kejujuran dan kedisiplinan /Ilustrasi/ freepik/

KARANGANYARNEWS – Bulan Ramadhan, selain menjadi momentum terbaik untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak, juga teruntuk menempa psikologi atau kejiwaan mereka. Inilah 5 keutamaan Puasa Ramadhan teruntuk anak yang belum dewasa.

Baik secara fisik maupun pemahaman agama, anak-anak yang belum baligh  memang belum mampu untuk menjalankan ibadah fardlu di Bulan Suci Ramadhan.

Karena itulah, menurut syariat Islam  mereka belum diwajibkan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Namun demikian, bukan berarti bulan Puasa Ramadhan bukan tidak ada manfaatnya bagi pembelajaran anak-anak.

 Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari Kelima, Allah SWT Menganugerahi Surga Al-Makwa

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al Kahfi 18 : 46, “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Jelasnya, anak-anak sebagai perhiasan dunia dan ujian, jika bisa mengarahkan ujian tersebut menjadi kebaikan dan amalan yang shaleh tentu akan mendapatkan kebaikan yang kekal.

 

5 Keutamaan Puasa Ramadhan Bagi Anak

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW juga dijelaskan, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim ).

 Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari Kelima: lafal dan tulisan Arab, Indonesia dilengkapi terjemahannya

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x