Berhenti Haid Siang Hari, Wajibkah Wanita Menjalankan Puasa Ramadhan?

- 12 Maret 2024, 04:15 WIB
Berhenti haid di siang hari di bulan Suci Ramadhan, apakah diwajibkan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan?
Berhenti haid di siang hari di bulan Suci Ramadhan, apakah diwajibkan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan? /Ilustrasi/ pixabay.com/Saranya7/

KARANGANYARNEWS – Berhenti haid atau menstruasi di siang hari, saat bulan Suci Ramadhan, apakah wanita yang bersangkutan diwajibkan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan?

Berhenti atau berakirnya menstruasi setiap wanita, mamang sulit diprediksikan. Bisa pagi hari, siang hari, sore hari atau pun malam hari.

Secara medis, haid atau menstruasi adalah terjadinya perdarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui organ intim wanita. Kondisi ini, memang siklus normal pada wanita dewasa yang umumnya terjadi setiap bulan.

 Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari Kedua: Dicatat Puasa Satu Tahun dan Berlimpah Pahala

Siklus menstruasi yang sering juga disebut dengan haid atau terkadang dinamakan juga datang bulan, terjadi karena naik turunnya hormon di dalam tubuh wanita.

Durasi siklus haid terjadi rata-rata setiap 28 hari, dengan lama sekitar 4 hingga 6 hari. Saat wanita mengalami siklus haid, tubuhnya mengalami perubahan pada kadar hormon.

 

Tidak Makan dan Minum

Kondisi ini mampu memengaruhi banyak hal, termasuk juga fisik dan emosi yang dapat timbul beberapa hari sebelum proses keluarnya darah dari organ intim terjadi.

 Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari Kedua, Lengkap Lafal Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x