5 Keutamaan Puasa Ramadhan Teruntuk Anak: 2 Diantaranya, Menempa Iman dan Taqwa Serta Belajar Toleransi

- 19 Maret 2024, 04:35 WIB
5 keutamaan Puasa Ramadhan teruntuk buah hati, dua diantaranya teruntuk menempa iman dan taqwa serta melatih toleransi
5 keutamaan Puasa Ramadhan teruntuk buah hati, dua diantaranya teruntuk menempa iman dan taqwa serta melatih toleransi /Pexels/

KARANGANYARNEWS –Inilah 5 keutamaan Puasa Ramadhan teruntuk buah hati, dua diantaranya teruntuk menempa iman dan taqwa serta melatih toleransi.

Kelahiran buah hati selain merupakan amanah dan karunia dari Allah SWT, juga sebagai ujian teruntuk kedua orangtuanya.  Lulus dan tidaknya ujian dari Allah SWT tadi, tergantung bagaimana kedua orang tua mendidik menjadi anak yang sholeh dan sholehah, serta mengikuti syariat agama atau tidak.

Anak-anak yang belum baligh, menurut syariat Islam belum diwajibkan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Baik secara fisik maupun pemahaman agamanya, mereka memang belum mampu untuk menjalankan ibadah fardlu di Bulan Suci Ramadhan tersebut.

 Baca Juga: 4 Tips Mencegah Penyakit Maag Kambuh, Dijamin Puasa Ramadhan Tetap Lancar dan Sehat

Namun demikian, bukan berarti tidak ada manfaatnya bagi mereka.. Bulan Ramadhan, justru akan menjadi salah satu jalan untuk banyak memberikan pembelajaran terkait mental spiritual keaagamaan kepada buah hati kita.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al Kahfi 18 : 46, “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Sebagaimana dilansir dan dirangkum KaranganyarNews.com dari kanal dalamislam.com, berikut 5 diantara sekian banyak keutamaan bulan Ramadhan teruntuk anak-anak:

 

  1. Melatih Iman dan Taqwa

Rasa iman akan timbul jika dibiasakan, jika sejak kecil telah ditanamkan mengenai keindahan mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka sejak usia dini juga mereka akan menyadari jikalau ketenangan hati bisa didapatkan dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangannya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x