14 Tips Puasa Ramadhan Ibu Menyusui: Ibadahnya Khidmad, Diri dan Si Buah hati Tetap Sehat

- 27 Maret 2024, 04:05 WIB
14 tips Puasa Ramadhan ibu menyusui, ibadah fardlu Bulan Suci Ramadhan khidmad, dan diri maupun si buah hati tetap sehat
14 tips Puasa Ramadhan ibu menyusui, ibadah fardlu Bulan Suci Ramadhan khidmad, dan diri maupun si buah hati tetap sehat /Pexels/Polina Tankilevitch/

KARANGANYARNEWS - Muslimat yang sedang mengasuh dibawah dua tahun wajib tahu, inilah 14 tips Puasa Ramadhan ibu menyusui, dimaksud agar ibadah fardlu Bulan Suci Ramadhan khidmad, dan diri maupun si buah hati tetap sehat. 

Sebagaimana diketahui, Puasa Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam. Terkecuali beberapa golongan yang diperbolehkan tidak menjalankan Puasa Ramadhan.

Dalam syariat Islam disebutkan, beberapa golongan yang diberi keringanan diperbolehkan tidak menjalankan ibadah fardlu Bulan Suci Ramadhan tersebut diantaranya lanjut usia, musafir, orang sakit, wanita haid, wanita hamil, dan ibu menyusui.

 Baca Juga: Suntik dan Infus Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?

Ibu menyusui dibolehkan meninggalkan Puasa Ramadhan, jika karena puasanya membuat tubuh dia lemah dan membahayakan kesehatan bayinya. Sesuai dengan firman Allah SWt dalam surat Al Baqarah ayat 184 yang bunyinya:

فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan lalu ia berbuka, maka wajib baginya berPuasa sebanyak hari yang ditinggalkan pada hari-hari yang lain.” (Al-Baqarah: 184)

 

14 Tips Puasa Ramadhan Ibu Menyusui

Selain itu juga dijelaskan dalam hadist Rasullullah SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Al-Ka’biz berikut ini:

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah