Gus Baha: Puasa Mengajarkan Kita Cara Menghargai Makanan

- 25 Maret 2024, 22:02 WIB
Gus Baha: Puasa Mengajarkan Kita Cara Menghargai Makanan.
Gus Baha: Puasa Mengajarkan Kita Cara Menghargai Makanan. /geo.tv

KARANGANYARNEWS - Puasa merupakan salah satu rukun Islam. Di bulan Ramadhan inilah seluruh umat Islam di dunia wajib menjalankan puasa, serta ibadah sunnah lain.

Umat Muslim meyakini bulan Ramadan menjadi bulan yang memiliki banyak keistimewaan. Karena itu, kedatangan bulan Ramadhan selalu dinantikan.

Bahkan Nabi Muhammad bersabda, “Sekiranya umatku tahu tentang kebaikan dan keutamaan bulan Ramadan, niscaya mereka mengharapkan agar sepanjang tahun menjadi bulan Ramadan.”

Baca Juga: Pilih Bekerja atau Sholat Tararwih? Begini Penjelasan Gus Baha 

Menurut Pengasuh Ponpes Tahfidzul Qur’an LP3IA Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, penting membahas keutamaan atau keistimewaan Ramadhan menurut ulama-ulama terdahulu.

Sebab, memahami cara pandang ulama terdahulu terkait Ramadhan akan membuat umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih benar.

“Di antara ijazah Mbah Moen dan bapak adalah ihdinas siratal mustaqim siratol ladzina an amta 'alaihim. Kita ini nggak bisa soleh tanpa meniru orang-orang terdulu, ” ujartnya.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari Kelimabelas: Allah mengijabahi seluruh harapan di dunia dan akhirat 

Kalimat yang merupakan ayat ke-6 dan ke-7 surat Al Fatihah tersebut, menurut Gus Baha, Allah SWT berfirman tunjukkan kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x