Amalan Ramadhan, Bacalah Alquran Setiap Hari, Kata Gus Baha

- 31 Maret 2024, 22:33 WIB
Amalan Ramadhan, Bacalah Alquran Setiap Hari, Kata Gus Baha.
Amalan Ramadhan, Bacalah Alquran Setiap Hari, Kata Gus Baha. /Piaxabay

KARANGANYARNEWS - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Karena itu, sayang jika umat Islam melewatkannya tanpa mengerjakan amalan-amalan Ramadhan.

Setidaknya terdapat lima amalan utama bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan, mulai dari puasa, tarawih, hingga tadarus baca Alquran.

Amalan-amalan ini tidak mendatangkan pahala, tetapi yang utama adalah untuk meningkatkan kedekatan dan ketakwaan hamba kepada Allah SWT.

Baca Juga: Wanita Istihadhah, Wajibkah Menjalankan Puasa Ramadhan? 

Salah satu amalan Ramadhan adalah baca Alquran yang merupakan kitab suci pedoman hidup umat Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas‘ud, keutamaan Alquaran bahwa setiap satu huruf yang dibaca akan mendapatkan balasan satu kebaikan. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari ke Duapuluh Satu: Allah Melapangkan Kuburan Kalian 

Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x