Lailatul Qodar Tak Selalu Malam Ganjil, Nur Kholis: Maksimalkan Iktikhaf

- 3 April 2024, 04:05 WIB
Muslim wajib tahu, Lailatul Qodar tak selalu jatuh tanggal malam ganjil, maksimalkan iktikhaf hari-hari terakhir Bulan Suci Ramadhan
Muslim wajib tahu, Lailatul Qodar tak selalu jatuh tanggal malam ganjil, maksimalkan iktikhaf hari-hari terakhir Bulan Suci Ramadhan /Foto: Media Pakuan/

KARANGANYARNEWS - Lailatul Qodar, tidak selalu jatuh pada malam tanggal ganjil. Untuk menyongsong kedatangannya, harus dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Bahkan, sejak awal Bulan Suci Ramadhan.

Demikian disampaikan Nur Kholis, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, dalam kajian Program Iktikaf di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan, Sabtu 30 Maret 2024.

Dalam kajian ini, Nur Kholis juga menyoroti variasi pengertian, tempat dan aktivitas iktikaf di seprtiga akhir Bulan Suci Ramadhan dari berbagai ulama.

 Baca Juga: Wanita Haid Ingin Meraih Malam Lailatul Qodar? Catat, Inilah 5 amalannya

Dijelaskan, iktikaf bermakna berdiam diri dan menetap dalam sesuatu. Namun demikian, pengertian ini dapat beragam tergantung pada perspektif ulama yang merumuskannya.

Menurut penelusurannya, beberapa ulama memiliki pandangan berbeda mengenai konsep iktikaf. Salah satunya, pandangan Hanafiyah, yang menganggap iktikaf sebagai berdiam di masjid yang biasa digunakan untuk salat berjamaah.

 

Tidak Selalu Malam Ganjil

"Sementara Imam Syafi’i memaknai iktikaf sebagai berdiam diri di masjid dengan melakukan amalan-amalan tertentu dengan niat karena Allah," kata Nur Kholis sebagaimana dilansir dari portal muhammadiyah.or.id.

 Baca Juga: Inilah Jawabnya, Kenapa Allah Merahasiakan Kapan Turunnya Malam Lailatul Qodar?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x