Inilah Jawabnya, Kenapa Allah Merahasiakan Kapan Turunnya Malam Lailatul Qodar?

- 1 April 2024, 03:05 WIB
Inilah jawaban dan dalilnya, kenapa Allah merahasikan akurasi atau ketepatan tanggal turunnya malam Lailatul Qodar?
Inilah jawaban dan dalilnya, kenapa Allah merahasikan akurasi atau ketepatan tanggal turunnya malam Lailatul Qodar? /Freepik

KARANGANYAENEWS - Muslim maupun Muslimat wajib tahu, inilah jawaban dan dalilnya. Kenapa Allah merahasikan akurasi atau ketepatan tanggal turunnya malam Lailatul Qodar?

Dilansir KaranganyarNews.com dari portal muhammadiyah.or.id, terkait hal  ini menyebutkan, fenomena malam Lailatul Qodar dalam syariat Islam dipersembahkan dalam ayat-ayat Alquran dengan keanggunan misterius.

Ayat-ayat yang merujuk fenomena malam Lailatul Qodar tersebut,  diantaranya terdapat dalam surat AlQodar ayat 1 yang mengisyaratkan akan keagungan malam itu.

 Baca Juga: MUSLIM WAJIB TAHU: Inilah Jawaban Misteri Kapan Turunnya Malam Lailatul Qodar?

Disebutkan, Alquran diturunkan pada malam Alqadr, yang artinya malam kemuliaan. Sebuah penghormatan yang tak terbantahkan bagi umat Islam. Namun demikian, kerap kali umat Islam merasa kebingungan dalam  memahami kepastian datangnya malam yang penuh berkah ini.

Dalam surat Addukhan ayat 3 memberikan cahaya tambahan, menyatakan malam yang diberkahi ini adalah malam Lailatul Qodar, nama alternatif untuk malam tersebut yang tetap saja masih terbungkus misteri.

 

Malam Kemuliaan

Disebutkan juga dalam muhammadiyah.or.id, terkait kapan turunnya malam Lailatul Qodar, tetap tergantung pada interpretasi. Dalam surat Albaqarah ayat 185 menyiratkan, Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan, periode yang penuh keberkahan dan ibadah bagi umat Islam.

 Baca Juga: 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan, Malam Lailatul Qodar dan Syariat Iktikaf

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x