Wajib Tahu: 6 Syariat Iktikaf, Sesuai Tuntunan Alquran dan Hadis Nabi

- 2 April 2024, 04:05 WIB
Ibadah yang sangat dianjurkan pada Bulan Suci Ramadhan, adalah iktikaf. Berikut 6 syariat iktikab sesuai Alquran dan hadis Nabi
Ibadah yang sangat dianjurkan pada Bulan Suci Ramadhan, adalah iktikaf. Berikut 6 syariat iktikab sesuai Alquran dan hadis Nabi /Pixabay.com/StayWeird

KARANGANYARNEWS - Iktikab, merupakan salah satu ibadah di Bulan Suci Ramadhan yang sangat dianjurkan, terutama setelah sepertiga akhir bulan Puasa Ramadhan. Inilah 6 syariat iktikaf sesuai tuntunan Alquran dan hadis Nabi Muhammad.

Pengertian iktikaf, terdapat perbedaan istilah diantara para ulama. Baik menurut Al-Hanafiah, Asy-Syafi’iyyah maupun Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Al-Hanafiyah atau ulama Hanafi berpendapat, iktikaf adalah berdiam diri di masjid yang biasa dipakai untuk melakukan shalat berjamaah. Menurut asy-Syafi’iyyah atau ulama Syafi’I, iktikaf artinya berdiam diri di masjid dengan melaksanakan amalan-amalan tertentu dengan niat karena Allah.

 Baca Juga: 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan, Malam Lailatul Qodar dan Syariat Iktikaf

Sedangkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, dalam buku ‘Tuntunan Ramadhan’ menjelaskan, Iktikaf adalah aktifitas berdiam diri di masjid dalam satu tempo tertentu dengan melakukan amalan-amalan (ibadah-ibadah) tertentu untuk mengharapkan ridha Allah.

Dilansir KaranganyarNews.com dari portal muhammadiyah.or.id, berikut 6 syariat dan syarat iktikaf sesuai tuntunan Alquran dan hadis Nabi Muhammad:

 

  1. Iktikaf Berdasarkan Alquran dan al-Hadis

Al-Qur’an surat al-Baqarah (2) 187:

… فَاْلآَنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللهُ آَيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x