Mudik Lebaran, Waspadai Cuaca Ekstrem Mengintai Beberapa Wilayah

- 26 Maret 2024, 16:28 WIB
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah sepanjang masa mudik Lebaran 2024. (Foto ilustrasi: Pixabay/GoranH)
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah sepanjang masa mudik Lebaran 2024. (Foto ilustrasi: Pixabay/GoranH) /

KARANGANYARNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah sepanjang masa mudik Lebaran 2024.

Oleh karena itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau para pemudik untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Kami mengimbau kepada seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik. Dinamika atmosfer di Indonesia sangat dinamis, sehingga bisa tiba-tiba berubah,” kata Dwikorita Karnawati, dikutip dari laman BMKG, Selasa, 26 Maret 2024.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Spot Berburu Menu Buka Puasa Gratis di Solo

Pihaknya mengimbau para pemudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

Kepala BMKG juga meminta agar para pemudik, terutama pengguna moda transportasi laut untuk tidak memaksakan diri dan sebaiknya menunda perjalanan jika kondisi cuaca sedang buruk.

“Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS),” ujarnya.

Baca Juga: Rahasia Besar di Balik Malam Lailatul Qadr dan Keutamaannya, Muslim Wajib Tahu!

Dwikorita Karnawati menerangkan, secara umum kondisi cuaca selama pekan mudik dibagi dalam tiga fase periodik.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x