Masuk Pancaroba, BMKG: Awas Bencana Hidrometeorologi Mengintai!

- 30 Oktober 2023, 20:05 WIB
Masuk pancaroba, awas bencana hidrometeorologi mengintai. BMKG mewanti-wanti masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa pancaroba. (Foto ilustrasi: Pixabay/music4life)
Masuk pancaroba, awas bencana hidrometeorologi mengintai. BMKG mewanti-wanti masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa pancaroba. (Foto ilustrasi: Pixabay/music4life) /

KARANGANYARNEWS - Masuk Pancaroba, BMKG: Awas Bencana Hidrometeorologi Mengintai. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengungkapkan cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan.

"Mulai dari hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es," tambahnya dalam Live Webinar "Kapan Musim Hujan akan Datang?" diselenggarakan Institut Teknologi Bandung, Sabtu, 28 Oktober 2023, dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, bmkg.go.id.

Baca Juga: Daftar 10 HP Terpopuler dan Terfavorit Minggu Ini Akhir Oktober 2023, Xiaomi dan Samsung Merajai

Dwikorita Karnawati mengatakan, arah angin bertiup sangat bervariasi sehingga mengakibatkan kondisi cuaca bisa tiba-tiba berubah dari panas ke hujan atau sebaliknya.

Namun, secara umum biasanya cuaca di pagi hari cerah, kemudian siang hari mulai tumbuh awan dan hujan menjelang sore atau malam hari.

Pihaknya menyebut awan Cumulonimbus (CB) biasanya tumbuh saat pagi menjelang siang, bentuknya seperti bunga kol, warnanya ke abu-abuan dengan tepian jelas.

Menjelang sore hari, awan ini akan berubah menjadi gelap kemudian dapat menyebabkan hujan, petir, dan angin.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x