Kapan Musim Hujan Tiba? Ini Dia Prediksi Lengkap BMKG

- 9 September 2023, 19:05 WIB
Kapan musim hujan tiba, ini dia prediksi lengkap BMKG. Awal musim hujan diprediksi secara umum akan terjadi pada November 2023. (Foto ilustrasi: Pixabay/GoranH)
Kapan musim hujan tiba, ini dia prediksi lengkap BMKG. Awal musim hujan diprediksi secara umum akan terjadi pada November 2023. (Foto ilustrasi: Pixabay/GoranH) /

KARANGANYARNEWS - Kapan Musim Hujan Tiba? Ini Dia Prediksi Lengkap BMKG. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan secara umum akan terjadi pada November 2023.

Namun, akibat tingginya keragaman iklim di Indonesia, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah.

Sementara periode puncak musim hujan sendiri diprediksi umumnya terjadi pada Januari dan Februari 2024.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan musim hujan pada 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan biasanya.

Baca Juga: Harga, Spesifikasi dan Review HP Sony Xperia 5 V, Dibekali Kamera Super Ciamik

"Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal dibandingkan biasanya," ungkapnya dalam konferensi pers prakiraan musim hujan 2023/2024 di Jakarta, Jumat, 8 September 2023.

"Meskipun demikian, ada beberapa daerah yang diprediksi mengalami curah hujan lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan biasanya," tambah dia, dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, bmkg.go.id.

Dwikorita Karnawati menerangkan, awal musim hujan umumnya berkait erat dengan peralihan Angin Timuran (Monsun Australia) menjadi Angin Baratan (Monsun Asia).

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x