Gunung Anak Krakatau Siaga, BMKG: Waspadai Potensi Tsunami!

- 26 April 2022, 11:19 WIB
Gunung Anak Krakatau mengalami peningkatan level dari II atau waspada menjadi level III atau siaga. BMKG pun meminta masyarakat untuk waspada akan adanya potensi tsunami. (Foto: Instagram BNPB)
Gunung Anak Krakatau mengalami peningkatan level dari II atau waspada menjadi level III atau siaga. BMKG pun meminta masyarakat untuk waspada akan adanya potensi tsunami. (Foto: Instagram BNPB) /

KARANGANYARNEWS - Gunung Anak Krakatau Siaga, BMKG: Waspadai Potensi Tsunami. Aktivitas Gunung Anak Krakatau belakangan kembali mengalami peningkatan. Hal ini membuat level gunung api itu naik dari II atau waspada menjadi level III atau siaga.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun meminta masyarakat untuk waspada akan adanya potensi tsunami.

Demikian disampaikan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual di akun YouTube Info BMKG, Senin, 25 April 2022.

Baca Juga: Sah! Elon Musk Resmi Caplok Twitter, Mahar Rp635 Triliun

"Dengan meningkatnya level aktivitas Gunung Anak Krakatau dari level II menjadi level III, maka masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi atau tsunami, terutama di malam hari sesuai dengan info yang disampaikan BMKG," ucapnya.

BMKG bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) serta Badan Geologi akan tetap mengawasi dan memantau kondisi gelombang laut di sekitar Gunung Anak Krakatau.

Pihaknya meminta masyarakat waspada pada malam hari sebab peningkatan gelombang air laut akan sulit terlihat di malam hari.

"Di malam hari sulit untuk bisa melihat secara visual adanya gelombang tinggi yang mendekati pantai. Kalau siang, cukup terlihat hal tersebut. Artinya, aktivitas masih bisa terus berjalan," ujarnya.

Baca Juga: Termasuk Kangen Band, Ini 7 Group Pop Melayu Indonesia yang Lagunya Sering Di-Cover

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x