2023 Jadi Tahun Terpanas, Begini Penjelasan BMKG

- 21 November 2023, 16:05 WIB
2023 jadi tahun terpanas, begini penjelasan BMKG. Cuaca panas dialami Indonesia juga menyerang banyak tempat di seluruh belahan dunia, bahkan pada 2023 ini menjadi tahun penuh rekor temperatur. (Foto ilustrasi: Pixabay/Geralt)
2023 jadi tahun terpanas, begini penjelasan BMKG. Cuaca panas dialami Indonesia juga menyerang banyak tempat di seluruh belahan dunia, bahkan pada 2023 ini menjadi tahun penuh rekor temperatur. (Foto ilustrasi: Pixabay/Geralt) /

KARANGANYARNEWS - 2023 Jadi Tahun Terpanas, Begini Penjelasan BMKG. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut cuaca panas dialami Indonesia juga menyerang banyak tempat di seluruh belahan dunia. Bahkan, pada 2023 ini menjadi tahun penuh rekor temperatur.

"Tahun ini adalah tahun penuh rekor temperatur. Kondisi ini tidak pernah terjadi sebelumnya, di mana heatwave (gelombang panas) terjadi banyak tempat secara bersamaan. Juli 2023 lalu, heat wave yang melanda Amerika Barat, bahkan mencapai 53 derajat Celcius," ungkap Dwikorita Karnawati dalam seminar nasional diselenggarakan Yayasan Perspektif Baru, baru-baru ini, dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, bmkg.go.id, Selasa, 21 November 2023

Pihaknya mengungkapkan, Juni hingga Agustus merupakan tiga bulan terpanas sepanjang sejarah dan Juli 2023 menjadi bulan paling panas.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Datangi Gibran di Balai Kota Solo, Ada Apa Nih?

Realitas evolusi iklim ini menjadikan 2023 berpeluang menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan iklim, mengalahkan 2016.

Menurut Dwikorita Karnawati, situasi ini terjadi merupakan dampak dari perubahan iklim yang juga memberi tekanan tambahan pada sumber daya air sudah langka dan menghasilkan water hotspot.

Kondisi ini juga semakin meningkatkan kerentanan terhadap stok pangan dunia.

FAO atau Organisasi Pangan dan Pertanian, kata Dwikorita Karnawati, bahkan memrediksi jika hal ini terus terjadi, pada 2050 mendatang bencana kelaparan akan terjadi akibat krisis pangan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x