Resep Lodeh Kluwih, Menu Buka Puasa Sayur Penolak Pandemi

- 7 April 2022, 00:03 WIB
Sayur lodeh kluwih atau tujuh rupa, sambal beserta lauk pauknya
Sayur lodeh kluwih atau tujuh rupa, sambal beserta lauk pauknya /Instagram @annorakitchen/

KARANGANYARNEWS - Berbuka puasa paling nikmat jika nasinya disedu sayur segar berlimpah kuah. Selain memulihkan tenaga, juga untuk memenuhi asupan gizi, vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Sayur-sayuran, terbukti mengandung serat, nutrisi vitamin dan mineral seperti vitamin B, C dan E yang baik untuk memulihkan tenaga, menjaga stamina tubuh serta menjaga kebugaran tubuh setelah sehari berpuasa.

Sayur lodeh, bisa menjadi salah satu pilihan tepat berbuka puasa. Rasanya menyegarkan dengan kandungan gizi, vitamin dan protein yang tinggi. Sayur ini terdiri dari kluwih, terong, waluh, daun so, kulit melinjo, kacang panjang dan tempe.

Baca Juga: 10 Kisah Sukses Juragan Peyek; Inspiratif, Jual Kalung Anak hingga Dihutangi Tetangga

Sebut saja terong dan daun melinjo, merupakan sayur dengan kandungan bahan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Sementara kacang panjang baik untuk kelembutan kulit dan mengandung asam folat. Begitu juga bahan-bahan lain sangat berguna untuk tubuh.

Sayur lodeh kluwih juga dikenal sebagai sayur 7 rupa, yang dalam beberapa portal berita disebutkan pernah diklaim warga Klaten sebagai penolak wabah penyakit atau pandemi, saat Covid-19 mewabah.

Terlepas benar atau tidaknya mitos itu, sayur lodeh kluwih sangat nikmat menjadi sajian berbuka puasa.

Baca Juga: Resep Sop Ayam Tanpa Micin, Bikin Pintar dan Anti Darting

Bahan-bahannya pun mudah diperoleh di pasar, warung atau pun tukang sayur. Soal harga, bahan-bahan ini sangat ramah di kantong.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x